Home » , » Buka Facebook bisa lewat web gelap Tor

Buka Facebook bisa lewat web gelap Tor



Facebook kini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan koneksi secara langsung ke jaringan sosial itu melalui layanan anonim "web gelap" Tor.

Walau masih mungkin mengakses Facebook melalui Tor, dengan pengaturan baru ini berarti semua data dienkripsi dan para pengguna Tor tidak akan dikelirukan sebagai akun peretas.

Facebook merupakan perusahaan raksasa pertama dari Silicon Valley yang secara resmi mendukung Tor, jaringan yang memang dibangun untuk memungkinkan orang mengunjungi halaman web tanpa bisa ditelusuri dan untuk menerbitkan situs yang isinya tidak akan muncul di mesin pencari.

Terobosan terbaru facebook ini di tujukan pada orang – orang yang ingin menelusuri berbagai situs media sosial tetapi khawatir dangan resiko keamanan dan privasi. Pengumuman terobosan baru Tor di Facebook ini diumumkan di blog resmi mereka beberapa hari yang lalu.

Facebook Software Engineer untuk Infrastruktur Keamanan, Alec Muffett menjelaskan jika situs ini juga menggunakan SSL di atas sambungan Tor untuk memanfaatkan sistem dengan infrastruktur mereka. Para pengguna dapat mengakses situs itu "tanpa kehilangan perlindungan kriptografis" Tor, kata Facebook. Hal ini mungkin menarik bagi orang-orang di tempat di mana jaringan itu diblokir.

Cina, Iran, Korea Utara dan Kuba termasuk di antara negara yang telah mencoba untuk menghalangi akses ke situs Facebook.

Tindakan yang diambil Facebook ini akan membuat Facebook populer di antara mereka yang ingin menghentikan ditelusurinya lokasi dan kebiasaan meramban mereka, kata Dr Steven Murdoch, dari University College London, yang ditanyai oleh Facebook untuk proyek ini.

Ia mengatakan pengguna tetap harus log-in, menggunakan nama asli untuk mengakses situs itu. 

Disisi lain Muffett juga menjelaskan, tentang rencananya situs itu akan menambahkan dukungan mobile untuk akses FB via Tor dengan menyediakan versi mobile – ramah situs web berbasis ponsel pengguna Tor.





---
---

0 komentar:

Post a Comment